BAHAN PELAPIS UNTUK LANTAI RUMAH

BAHAN PELAPIS UNTUK LANTAI RUMAH

BAHAN PELAPIS UNTUK LANTAI RUMAH

Begitu banyak elemen penting untuk membangun sebuah rumah sehingga dapat menunjang kenyamanan orang-orang yang mengisinya. Salah satu elemen yang tak bisa dipisahkan dari rumah yaitu lantai yang berfungsi sebagai tempat berpijaknya para penghuni rumah. Beda ruang, beda peruntukan, berbeda pula jenis pelapis lantai yang digunakan. Namun umumnya pelapis lantai haruslah bersifat aman, kuat, awet, tahan lembab, dan mudah dibersihkan.

Jenis pelapis lantai rumah ada dua macam yaitu buatan seperti keramik, semen plester, dan lantai vinyl serta lantai yang dari bahan alami seperti kayu dan batu alam. Berikut jenis-jenis lantai yang bisa digunakan di rumah :

Lantai Plester

BAHAN PELAPIS UNTUK LANTAI RUMAH

Merupakan material lantai yang paling paling sederhana dan paling murah, karena diperlakukan seperti saat memplester dinding dan diaci hingga halus. Perbedaan dengan perlakuan pada dinding adalah dilakukan langkah penggosokan lantai hingga halus dan mengkilap. Warna yang ditimbulkan sama dengan warna semen-pasir dan cenderung lebih gelap.

Keramik

BAHAN PELAPIS UNTUK LANTAI RUMAH

Keramik adalah jenis yang paling sering digunakan di rumah-rumah Indonesia. Motif warna dan ukuran keramik sangat beragam dari motif marmer, polos, serat kayu dan masih banyak lagi. Jenis-jenis keramik pun cukup banyak seperti keramik yang mengkilat dan licin untuk dinding atau lantai ruangan, keramik doff yang tak licin dan mengkilat serta tahan goresan, biasanya digunakan untuk rumah-rumah minimalis dan keramik dengan tekstur kasar untuk lantai kamar mandi atau lantai garasi.

Lantai Tegel/ Ubin

BAHAN PELAPIS UNTUK LANTAI RUMAH

Merupakan jenisyang juga banyak digunakan di rumah-rumah indonesia, khususnya di pedesaan pada zaman dulu. Dahulu pilihan warna dari lantai rumah yang terbuat dari campuran semen dan pasir ini hanyalah satu yaitu abu-abu tua. Namun pada masa kini, tegel mulai dibuat berwarna dan diaplikasikan dengan berbagai macam lantai keramik agar tidak terkesan monoton. Bahkan penggunaan ubin dengan kesan vintage kini makin digemari hingga luar negeri.

Lantai Kayu

BAHAN PELAPIS UNTUK LANTAI RUMAH

Lantai kayu sampai sekarang masih menjadi bahan yang digemari untuk diaplikasikan di rumah tinggal karena kesan alami serta kemampuannya untuk memberikan kehangatan di dalam ruangan. Jenis lantai kayu sendiri ada dua yaitu parquet (parket) dan laminating. Parket yang dikenal secara umum adalah generasi lantai kayu yang menggantikan lantai papan untuk rumah panggung. Jenis-jenisnya adalah parket yang terbuat dari kayu solid atau dikenal dengan dan parket yang terbuat dari kayu asli dengan teknologi layer. Sementara itu kayu laminating adalah kayu olahan yang permukaannya adalah hasil dari printing.

Lantai Marmer & Granit

BAHAN PELAPIS UNTUK LANTAI RUMAH

Merupakan jenis batuan yang terbentuk dalam waktu ratusan tahun dan tidak dapat diperbaharui. Pengolahannya hanya memerlukan proses pemotongan dan penghalusan saja. Ketersediaannya di alam yang terbatas menyebabkan harganya sangat mahal di pasaran. Lantai marmer sangat kuat dan cocok untuk menahan beban yang berat. Marmer bersifat dingin sehingga dapat menyejukan suhu di dalam ruangan. Tampilannya pun sangat mewah dengan beragam motif dan corak. Sementara itu, lantai granit pada prinsipnya hampir sama dengan marmer, hanya secara kasat mata warnanya lebih gelap. Ketersediaan jenis batuan ini di alam lebih langka menyebabkan harganya juga lebih mahal dari marmer.

Lantai Vinyl

BAHAN PELAPIS UNTUK LANTAI RUMAH

Jenis lantai rumah ini relatif lebih praktis untuk digunakan dalam mengubah tampilan sebuah ruangan. Di bagian bawahnya terdapat lem yang mudah direkatkan pada lapisan plesteran atau keramik. Layaknya wall sticker, jika penggunanya sudah bosan mereka dapat melepasnya dan menggantinya dengan motif lain. Pemasangannya sangat mudah sehingga dapat dilakukan sendiri. Perawatannya pun sangat mudah karena hampir sama dengan lantai keramik. Material ini sangat kuat, tahan api dan air sehingga banyak juga digunakan di bangunan-bangunan publik.

Lantai Karpet

BAHAN PELAPIS UNTUK LANTAI RUMAH

Lantai karpet dipasang permanen sebagai pelapis pada permukaan lantai rumah. Belum banyak yang menggunakan pelapis lantai jenis ini karena perawatannya yang tidak mudah. Namun, lantai karpet ini mudah dalam instalasinya dan dapat memberikan kesan hangat serta keamanan bagi tempat bermain anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAHAN PELAPIS UNTUK LANTAI RUMAH"

Post a Comment