Tutorial Belajar SketchUp Bahasa Indonesia Level 2 (Tutorial Dasar dan Lanjutan)


Pada level ini kalian akan mempelajari bagaiamana cara melakukan berbagai pengaturan dan trik penggunaan SketchUp yang diamana hal tersebut akan membantu kalian dalam mempercepat pembuatan berbagai macam model 3D

1. Efektif Memilih Dengan TT Selection Toy Pada Google Sketchup

Apabila kalian ingin memilih salah satu jenis objek diantara banyak objek pada pekerjaan sketchup kalian maka TT Selection toys  merupakan solusi jitu untuk mengatasinya. Tool ini berufungsi untuk memilih salah satu jenis objek yang akan di piilih diantara banyak objek yang ada. Kalian bisa mendapatkan tool ini secara gratis di extension store google sketchup atau sketchucation.com.
Berikut adalah tutorial bagaimana cara menggunakan tool ini

Pada gambar yang saya buat dibawah saya akan menghilangkan face dan menyisakan garis pada model maka caranya adalah pilih semua model lalu klik kanan dan pilih select only kemudian pilih face.




Dari hasil diatas seluruh face akan terpilih kemudian hapus face yang sudah terpilih sehingga mennyisakkan garis garis pada model seperti pada model dibawah



Banyak pilihan pada tool ini yang kalian dapat coba sendiri dengan cara seperti yang saya ajarkan diatas diantaranya adalah component , group, curve dll. Jadi sekian tutorial kali ini dan terima kasih

2. Cara Memberi Potongan Pada Model Pada Google Sketchup



Melakukan potongan pada sebuah objek biasanya bertujuan untuk menampilkan daerah yang tak terlihat didalam sebuah objek yang telah dibuat. Pemberian potongan sendiri bisa dilakakuan dengan posisi vertikal, horisonstal, miring 45 derajat atau sesuai dengan kebutuhan.

Pemberian potongan pada google sketchup dapat dilakukan dengan sangat mudah tanpa harus repot-repot memotong objek secara manual sehingga memerlukan waktu yang cukup lama. Bagaimana melakukannya ?? Berikut adalah cara memberikan potongan pada google sketchup dengan cepat dan mudah.



  • Pertama pilih objek mana yang akan dilakukan potongan. Dalam contoh dibawah saya akan memotong objek rumah secara horisontal sehingga akan menampilakan denah rumah dan interiornya.  

  • Kemudian buatlah gambar persegi dan letakkan didaerah mana yang akan dilakukan potongan pada model.  



  • Lalu klik tab tool dan pilih section plan. Dan letakkan pada gambar persegi kemudian klik.



dan beginilah hasilnya


 Kalian dapat menghilangkan garis kuning penanda potongan dengan cara klik tab view kemudian uncheck pada section plane. Kalian juga dapat mengatur arah potongan dengan cara klik kanan pada penanda potongan lalu pilih reverse
Bagaimana gampang bukaannn????

3. Membuat Pohon Dengan Menggunakan 3D Tree Maker Pada Google Sketchup



Pohon atau tumbuhan merupakan asesoris tambahan yang dapat memperindah tampilan model yang kita buat. Ketika kita membuat model sebuah rumah atau perumahan, penambahan asesoris seperti tumbuhan dan pepohonan akan menghidupkan susana sehingga dapat memperindah tampilan rumah yang kita buat.Dengan membuat model pohon dengan manual pada SketchUp tentu akan merepotkan dan menambah waktu untuk membuatnya. namun jika kalian ingin membuat pohon dengan cara manual silahkan ikuti tutorial berikut


3D Tree Maker merupakan plugin tool yang dapat membuat model pohon secara singkat dan mudah. Tool ini dapat kalian download secara gratis pada extension store SketchUp. Pada tool ini memliki berbagai macam tumbuhan bunga dan pepohonan yang dapat kalian gunakan untuk memperindah tampilan model kalian. Berikut adalah tutorial bagaimana cara mengguanakan tool yang satu ini. 


  • Buka SketchUp dan klik  untuk membuat pohon baru.
  • Kemudian pilihlah berbagai macam jenis tumbuhan yang dapat kalian gunakan. Lalu letakkan sesuai dengan keinginan kalian.




 Jika kalian ingin mengatur struktur pohon yang maka kalian dapat melakukannya dengan cara klik kanan pada pohon kemudian pilih 3DArcstudio tree dan klik tree configuration. Lakukan pengaturan sesuai kebutuhan kalian. Jika dirasa sudah cukup maka klik tombol redraw maka pohon akan berubah sesuai dengan pengaturan yang kalian buat.



 Model pohon yang dibuat memliki banyak face sehingga akan memberatkan ketika kalian membuat 1 komplek perumahan yang berisi banyak model pohon. Untuk mengatasi hal itu kalian harus merubah model pohon tadi menjadi proxi. Klik disini untuk penjelasan proxy
untuk merubah pohon menjadi proxy kalian tinggal klik kanan pada model kemudian pilih 3dArcstudiolalu klik change to proxy. Maka tampilan pohon akan menjadi garis-garis sehingga menjadi lebih ringan.  



Kalian juga bisa klik untuk mengubah tampilan seluruh pohon menjadi proxy

4. Memberi Lengkungan Pada Pinggiran Objek Dengan 3D Round Corner Pada Google Sketchup


SketchUp merupakan software 3D yang memiliki tool default yang terbatas dan sangat sederhana. bahkan tool untuk membuat lengkungan pada pinggiran objek 3D, default tool SketcUp tidak menyediakkannya. jika kalian adalah orang yang baru belejar software 3D bombastis ini, maka kalian akan bingung bagaimana cara memberikan lengkungan pada sisi model 3D yang kalian buat.

Untuk kalian yang bingung bagaimana cara memberi lengkungan pada sudut objek yang tajam, kalian dapat menggunakan tool yang satu ini. 3D Round Corner tool merupakan plugin tool SketchUp yang dapat memberikan lengkungan pada sudut objek dengan sangat mudah. Tool ini dapat anda download secara gratis pada extension store google SektchUp. Berikut tutorial bagaimana cara menggunakannya.


  • Setelah kalian instal pada SketchUp kalian. Klik salah satu tool dari 3D round corner tool lalu pilih sisi mana yang akan kalian beri lengkungan



  • Kemudian beri pengaturan sesuai dengan kebutuhan kalian seperti diameter lengkungan, jumlah segment dll.lalu tekan Enter atau klik di lahan yang kosong dan seperti inilah hasilnya



Ketiga tool dari dari 3D round corner memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan kalian.
 
Round corner in 3d tool ini berfungsi untuk memberi lengkungan pada objek dengan sudut pojok yang halus.

 Sharp corner in 3D tool ini berfungsi untuk memberikan lengkungan pads obejk dengan sudut pojok yang tajam


  Bavel edge and corner tool berfungsi untuk memberikan bavel atau kemiringan pada sisi sudut objek.


Itu dia penjelasan singkat tentang 3D round corner dan semoga bisa membantu kalian dalam mempelajari google SketchUp.  

5. Cara Membagi Camera Scene Pada Google Sketchup Make


Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian bagaimana cara membagi scene camera view pada google sketchup make.

Dalam membagi scene camera  pada google sketchup terdapat sebuah tool yaitu advance camera tool yang memiliki banyak fitur salah satunya adalah membagi secene camera view sesuai keinginan kita.  Namun tool tersebut hanya diperuntuhkan untuk google sketchup versi pro sehingga untuk google sketchup versi make tidak dapat memakai tool tersebut.

Untuk kalian yang menggunakan google sketchup versi make terdapat sebuah plugin tool yang dapat membagi scene camera view yang dapat dilakukan seperti  pada advanced camera tool.  Berikut adalah plugin tool yang digunakan untuk mebagi scene camera view pada google sketchup make.



RND Rescne tool
.
Dan berikut adalah tutorial bagaimana mengguanakan tool tersebut

1. Klik rescene tool dan plih add 


2. Set posisi kamere yang kalian inginkan lalu klik kanan pada tab scene kemudian pilih update



3.  Klik tab scene 1 untuk mengembalikan posisi kamera ke arah yang sudah di atur tadi



4. Jika ingin menambah scene camera view lagi maka lakukan langkah diatas kembali


6. Cara Memberi Arsiran Di Potongan Model Secara Otomatis Pada Google SketchUp


Arsiran merupakan hal yang sangat penting ketika kita sedang membuat potongan pada sebuah model. Dengan adanya arsiran kita dapat mengetahui dengan mudah daerah mana saja yang telah dilakukan potongan sehingga gambar akan lebih mudah untuk dipahami.
Pada google sketchup kalian dapat memberikan arsiran terhadap potongan yang telah kalian buat dengan Otomatis dengan menggunakan plugin tool yang bernama Section Cut Face. Kalian dapat mendownloadnya disini secara gratis. Untuk membuat arsiran secara otomatis dengan menggunakan plugin tool tersebut berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1
Pertama kalian download dan instal plugin tool Section Cut Face pada SketchUp kalian. Jika kalian tidak tahu cara menginstal Plugin tool di SketchUp berikut tutorial Cara menginstal Plugin Tool Pada SketchUp.


Langkah 2
Selanjutnya kalian buat Section Plane pada model yang akan kalian berikan potongan. Kalian bisa ikuti tutorial cara memberikan Potongan Pada model


Langkah 3
Setelah itu jika model telah diberikan potongan, selanjutnya klik kanan pada penanda potongan dan pilih Add Section Cut Face.


Langkah 4
Kemudian pada pengaturan Section Cut Face, lakukan pengaturan sesuai keinginan kalian seperti pada gambar di bawah.


Langkah 5
Jika telah sesuai klik ok dan potongan akan ter tanda dengan warna merah seperti pada gambar.


Langkah 6
Kalian dapat memberikan arsiran dengan mengganti warna merah dengan gambar arsiran yang bisa kalian download di google. Pada tab material ambil contoh warna pada potongan dengan cara klik icon Sample plandan arahkan ke warna daerah yang dipotong. Selanjutnya ganti warna dengan gambar arsiran yang telah kalian download.


Langkah 7
Jika kalian lakukan langkah diatas maka arsiran pada potongan model akan tampak seperti pada gambar di bawah.


Nah itu lah tutorial cara membuat arsiran pada potongan SketchUp secara otomatis. semoga tutorial diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua

6. Cara Membuat Atap Rumah Secara Otomatis Pada Google SketchUp


Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian bagaimana cara membuat atap sebuah rumah pada SketchUp secara otomatis.


Membuat atap pada sebuah model 3d rumah tentulah tidak terlalu susah. Kita bisa dapat langsung membuat bentuk atap secara manual sesuai bentuk atap yang kita inginkan. Namun untuk membuat atap secara manual tentu memerlukan waktu dalam pembuatan nya sehingga akan menambah waktu pembuatan model secara keseluruhan. Untuk mempersingkat waktu kerja kita dalam membuat model 3d sebuah rumah, kalian dapat membuat model atap pada sebuah rumah secara otomatis dengan menggunakan tambahan plugin yang bernama Roof yang bisa kalian download disini.


Untuk menggunakan plugin ini berikut saya tunjukkan langkah – langkahnya.

1. Hipped Roof
  • Pertama pilihlah face yang akan kalian beri atap.
  • Kemudian pilih Extension>Roof>Hippde Roof



  • Setelah itu lakukan pengaturan sesuai keinginan kemudian klik ok dan lihatlah hasilnya.




2. Mansard Roof
  • Pertama pilihlah face yang akan kalian beri atap.
  • Kemudian pilih Extension>Roof>Mansard



  • Setelah itu lakukan pengaturan sesuai keinginan kemudian klik ok dan lihatlah hasilnya.




3. Gable-Ended Roof
  • Pertama Pilih Extension>Roof>Gable-Ended Roof



  • Pilih 3 titik pada model yang akan dibuat atap



  • Setelah itu lakukan pengaturan sesuai keinginan kemudian klik ok dan lihatlah hasilnya.




4. Pyramid Roof
  • Pertama Pilih Extension>Roof>Pyramid Roof



  • Pilih 3 titik pada model yang akan dibuat atap




  • Setelah itu lakukan pengaturan sesuai keinginan kemudian klik ok dan lihatlah hasilnya.




Nah itulah semua tutorial cara membuat atap secara cepat pada SketchUp. Semoga artikel diatas dapat membantu kalian dalam mempelajari software 3D yang bombastis ini.

7. Cara Menggandakan Model Dengan Banyak Secara Cepat Pada Google Sketchup




Untuk menggandakan objek di dalam SketchUp sangatlah mudah yaitu dengan menggunakan move tool lalu tekan ctrl maka objek akan tergandakan dengan sendirinya. Dengan menggunakan cara tersebut kita dapat menggandakan objek dengan jumlah sedikit secara mudah dan cepat. Namun apabila kita menginginkan objek tersebut digandakan dalam jumlah banyak tentu cara tersebut akan sedikit merepotkan dan tidak efektif.


Untuk menggandakan objek dalam jumlah banyak sesuai dengan yang kita inginkan secara cepat, diperlukan plugin yang bernama Copy Along Cuve tool pada SketchUp kalian. Plugin ini dapat mempermudah kalian dalam menggandakan objek dalam jumlah banyak dengan mengikuti alur garis yang kita buat. Berikut adalah tutorial cara menggunakannya.

Untuk kasus dibawah ini kita akan membuat ventilasi bersirip pada jendela  

  • Pertama buatlah garis sepanjang jendela yang akan dibuat ventilasi bersirip



  • Kemudian buatlah sirip ventilasi sesuai kenginan sepert terlihat pada gambar letakkan pada ujung garis dan jadikanlah sebuah group atau component.


  • Setalah itu klik tab extensions dan pilih copy along curve. Select tool akan menjadi aktif kemudian klik group/component sirip jendela lalu klik garis sepanjang jendela yang sudah dibuat tadi  




  • Setelah itu lakukan pengaturan sesuai keinginan. Untuk mentukan berapa jumlah objek yang di gandakan lakukan perubahan pada jarak objek sehingga terjadi perubahan pada jumlah objek yang di copy seperti pada gambar dibawah




dan seperti inilah hasilnya.  





8. Cara Membuat Dinding Denah Dengan Cepat dan Efektif Pada Google SketchUp




Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan kepada kalian bagaimana cara membuat dinding bangunan dengan cepat dan efisien pada google SketchUp. perlu kalian tahu bahwa SketchUp merupakan software pembuatan model 3 dimensi yang banyak digunakan untuk membuat model bangunan seperti rumah, bangunan apartemen dll. Sehingga para SketchUp artist biasanya banyak menghabiskan waktu untuk membuat model bangunan berdasarkan denah rancangan.

Jika kalian membuat model berdasarkan denah dengan cara manual, tentu akan memakan tenaga dan waktu sehingga kerja kalian tidak efektif. Untuk membuat kerja kalian lebih efisien dan efektif, berikut saya jelaskan bagaimana cara membangun dinding berdasarkan denah dengan cepat dan efektif pada SketchUp. Berikut langkah-langkahnya.



Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan kepada kalian bagaimana cara membuat dinding bangunan dengan cepat dan efisien pada google SketchUp. perlu kalian tahu bahwa SketchUp merupakan software pembuatan model 3 dimensi yang banyak digunakan untuk membuat model bangunan seperti rumah, bangunan apartemen dll. Sehingga para SketchUp artist biasanya banyak menghabiskan waktu untuk membuat model bangunan berdasarkan denah rancangan.

Jika kalian membuat model berdasarkan denah dengan cara manual, tentu akan memakan tenaga dan waktu sehingga kerja kalian tidak efektif. Untuk membuat kerja kalian lebih efisien dan efektif, berikut saya jelaskan bagaimana cara membangun dinding berdasarkan denah dengan cepat dan efektif pada SketchUp. Berikut langkah-langkahnya.



  • Setelah itu blok semua objek dan gunakan Multiple Offsets dengan pengaturan mengikuti seperti pada gambar dibawah.



  • Maka gambar denah akan tersusun dari multiple garis seperti pada gambar dibawah.


  • Hapuslah garis-garis tertentu yang dirasa tidak pas dengan alur dinding.


  • Lakukan hal yang sama pada semua garis. Hingga lajur dinding tersusun rapi


  • jika telah rapi kemudian hapus juga garis yang menutupi jalur diding sehingga seluruh jalur menjadi satu kesatuan seperti pada gambar dibawah.



  • Apbila telah rapi dan menjadi satu kesatuan kemudian presspull jalur dinding tersebut.


Maka dinding pun terbentuk dengan sangat mudah.

Apabila kalian masih bingun, berikut video tutorial bagaimana cara membuat dinding dengan cepat dan efektif 



9. Cara Membuat Bentuk Bulat Pada Google SketchUp Tanpa Tambahan Plugin


Dalam postingan kali ini saya akan jelaskan kepada kalian bagaimana cara membuat bentuk bulat pada SketchUp tanpa tambahan plugin. Untuk membuat bentuk bulat bulat pada google SketchUp tentu sangatlah mudah. Berikut langkah-langkah dalam membuat bentuk bulat pada google SektchUp


Langkah 1
Buatlah lingkaran dengan dengan diameter sesuai keinginan kalian.


Langkah 2
Gandakan lingkaran


Langkah 3
Putara 90 derajat salah satu lingkaran dan letakkan tepat berpotongan ditengah antara 2 lingkaran.


Langkah 4
Pilih garis lingkaran yang horisontal kemuidan klik follow me tool lalu pilih sisi face lingkaran yang vertikal. Dan lihatlah hasilnya


Maka model dengan bentuk bulat akan terbentuk.




10. Cara Cepat Menempelkan Objek ke Bidang Yang Miring Pada Google SketchUp


Dalam postingan kali ini saya akan jelaskan kepada kalian bagaimana cara menempelkan objek ke tempat yang miring secara otomatis sehingga kalian tidak perlu untuk melakukan perintah rotate pada model dan kinerja kalian akan lebih cepat dan efektif. Trik ini bisa kalian aplikasikan untuk menempelkan ruas-ruas kayu pada atap rumah seperti pada tutorial yang akan saya tunjukkan berikut ini.


Berikut plugin tool tambahan untuk tutorial kali ini



Langkah 1
Buatlah ruas-ruas atap dan bentuk atap sesuai keinginan kalian dan jadikanlah group pada masing-masing model tersebut seperti pada gambar dibawah.


Langkah 2
Pilih model ruas kemudian klik Align tool 

Langkah 3
Pilih 3 titik yang segaris pada model ruas kemudian 3titik pada atap yang miring seperti pada contoh dibawah.




Langkah 4
Jika telah kalian lakukan, maka ruas-ruas akan menempel pada atap yang miring secara otomatis.



11. Cara Mengubah Background Lembar Kerja SketchUp Dengan Texture Bergambar


Untuk memperindah model yang kalian buat pada Google SketchUp, kalian dapat melakukan beberapa pengaturan terhadap keadaan lingkungan model yang kalian buat. Salah satu caranya ialah mengubah gambar backgorund dengan texture gambar sesuai kenginan kalian.


Dengan mengubah background dengan gambar akan menampilkan gambar rendering model tampak indah dan nyata tanpa kalian repot-repot untuk membuat keadaan lingkungna secara manual.

Untuk mengubah gambar background pada lembar kerja SketchUp pertama kalian aktifkan tab Style dengan cara pilih Window>Default tray>Style.


Kemudian pada tab Style pilih tab Edit lalu pilih watermark


Setelah itu klik tanda plus (+) untuk memberi gambar pada background.


Pilih gambar yang akan kalian jadikan background dan ikuti pengaturan pada gambar dibawah.




Jika telah selesai maka lihatlah hasilnya..

kalian tinggal mengatur arah kamera untuk mendapatkan sudut yang pas antara gambar background dan model yang kalian buat.


12. Cara Memberi Texture Bergambar Di Permukaan Yang Bergelombang Pada Google Sketchup




Dalam melakukan maping pada permukaan yang datar dan tidak bergelombang SketchUp dapat melakukannya dengan cukup simple dan mudah namun apabila permukaan yang akan di maping tidak lurus dan bergelombang maka hasil texture yang diberikan akan menjadi berantakan seperti pada gambar bawah



Untuk melakukan maping pada permukaan yang bergelombang tersebut diperlukan plugin tool tambahan yaitu SketchUV yang dapat kalian download secara gratis. Berikut adalah tutorial bagaimana cara mengunakan SketchUV untuk maping di SketchUp
setelah kalian download dan kalian install SketchUV plugin tool buka file SketchUp yang akan kalian maping. Disini saya akan menggunakan bentuk bantal dengan sisi atas dan bawah yang terpisah


  • Pilih permukaan yang akan diberi texture kemudian atur posisi view sesuai keinginan. Hal ini dikarenakan posisi view akan berpengaruh terhadap posisi maping yang diberikan. Saya sarankan untuk menggunakan parallel projection dengan posisi berada diatas



  • Kemudian klik SketchUV tool  dan klik kanan pada permukaan yang sudah di pilih kemudian pilih planar map (view). Disana terdapat beberapa pilihan untuk melakukan maping untuk bentuk yang di khususkan. Anda bisa mencobanya sendiri namun dalam hal ini penggunaan planar map (view) di khusukan pada bentuk datar yang bergelombang atau tidak rata




  • Setelah hasilnya terlihat seperti diatas maka selanjutnya ialah gunakan palet/sample paint pada permukaan yang sudah termaping sehingga akan terbaca pada tab material




  • Selanjutnya ganti nama pada kotak dialog nama material dan buka tab edit lalu ganti material dengan gambar yang anda inginkan




  • Lakukan hal yang serupa pada permukaan bantal yang satunya dan beginilah hasilnya



13. Tutorial Style Builder Pada Google Sketchup



Style builder merupakan aplikasi bawaan google sketchup yang diperuntukkan bagi kalian yang membeli versi sketchup pro. Software ini berfungsi untuk membuat tampilan style sesuai dengan keinginan pengguna dimana stlyle tersebut dapat digunakan pada google sketchup. Jika kalian adalah seorang arsitek yang ingin membuat sendiri garis-garis sketsa pada model 3d kalian maka software ini dapat membantu anda dengan sangat mudah. Untuk menggunakan software ini berikut tutorial singkat cara menggunakannya.

PENGENALAN




Gambar diatas merupaakan tampilan umum dari style builder dan saya membagi daerah tampilan menjadi 3 daerah utama.
Untuk kotak yang berwarna kuning merupakan tab folder gambar garis yang di import kedalam style builder.  
Untuk kotak yang berwarna merah merupakan kotak pengaturan gambar garis yang dipakai pada style
sedangnkan untuk kotak yang berwarna hijau merupakan preview dari style yang kita buat.

CARA PEMAKAIAN

pertama yang kita lakuakan adalah membuat gambar garis pada software pihak ketiga. Disini saya akan membuat style garis dengan menggunakan adobe photoshop.
Buka photoshop kemudian buka file lalu pilih new.


Ubah satuan ukuran menjadi pixel kemudian tentukan ukuran sesuai kenginan. Untuk style builder sendri memiliki ukuran tertentu dalam menggambar garis diantaranya ialah 32 x16 pixel, 64 x16 pixel, 128 x16 pixel, 256 x 16 pixel dan 512 x 16 pixel. Ukuran tersebut berpengaruh pada panjang garis di model sketchup kalian. Jika kalian menggambar dengan ukuran 32 x 16 pixel maka garis pada model sketchup kalian yang memliki panjang sekitar 32 pixel akan berubah menjadi garis yang kalian gambar tadi.

Kemudian gambarlah garis sesuai selera. Seperti contoh dibawah lalu save dan letakkan di dalam sebuah folder.


Pada style builder klik tab stroke kemudian pilih load from folder dan bukalah folder yang berisi gambar garis yang telah dibuat. Maka pada layar sebelah kiri akan muncul gambar yang telah dibuat.


Lalu drag garis dan letakkan pada tempat pengaturan garis sesuai ukuran yang telah dibuat. Pada kotak ini kalian juga dapat mengatur berapa jumlah garis tiap ukuran dan tebal garis yang diinginkan.  


Jika sudah maka garis yang kalian buat akan nampak hasilnya pada kotak preview seperti pada gambar dibawah.  


Jika dirasa sudah selesai maka simpan pekerjaan kalian. Jika kalian ingin menampilkan style yang kalian buat pada sketchup maka letakkan file style builder kalian pada C :/program file/SketchUp/SketchUp2016/Styles dan buat folder baru 

masuk pada sketchup kalian lalu buka pengaturan style. Pada kotak dialog pilih style maka folder tempat penyimpanan file style builder kalian akan muncul lalu masuk dan pilih.


Syle yang kalian buat siap diapakai.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Belajar SketchUp Bahasa Indonesia Level 2 (Tutorial Dasar dan Lanjutan)"

Post a Comment