Tutorial Belajar SketchUp Bahasa Indonesia Level 1 (Tutorial Dasar dan Pengenalan )





Bingung mau belajar google sketchup ??? Nah, bagi kalian yang ingin mempelajari software pembuatan 3D yang satu ini, bisa dapat langsung mempelajari dari daftar tutorial yang saya berikan dipostingan kali ini.




Daftar tutorial Google SketchUp pada blog ini akan membantu kalian dalam mempelajari bagaimana cara membuat model 3D hingga rendering pada google SketchUp sehingga kalian tidak perlu untuk membeli buku tutorial hanya untuk mempelajari software 3D yang bombastis ini...

Tutorial dalam blog ini berisi tentang pembuatan bentuk yang sederhana hingga bentuk yang rumit sehingga sangat cocok bagi kalian yang ingin belajar google SketchUp dari taraf pemula hingga taraf expert level.


1. Cara Mengetahui Luasan dan Volume Model Pada Google SketchUp

Salah satu informasi yang penting dalam membuat model 3 dimensi adalah perhitungan panjang, luasan dan volume suatu objek. Dengan mengetahui informasi tersebut kita dapat mengolah informasi yang ada sesuai yang kita inginkan seperti halnya mempertimbangkan bentuk desain model berdasarkan volume atau luasan yang diinginkan atau pun hanya sekadar mencantumkan nya ke dalam keterangan gambar yang kita buat.

Untuk mengetahui informasi berupa panjang, luasan dan volume sebuah objek pada SketchUp tentu sangatlah mudah. Berikut saya tunjukkan bagaimana cara mengetahui informasi panjang, luasan dan volume suatu objek pada SketchUp dengan cepat dan mudah.



  • Pertama bukalah aplikasi SketchUp dan buatlah model sesuai dengan keinginan kalian.
  • Kemudian kalian aktifkan tab Entity Info dengan cara pilih Windows > Default Tray > Entity Info


Mengetahui Luasan dan Panjang

 Untuk mengetahui luasan dan panjang cukup dengan memilih face atau garis pada objek kemudian lihatlah informasi yang terlihat pada tab Entity Info


luasan

panjang

Mengetahui Volume

 Untuk mengetahui Volume dari objek kalian buatlah objek menjadi group terlebih dahulu dengan cara pilih objek dan klik kanan kemudian pilih make group. Dan lihatlah informasi volume pada tab Entity Info. Jika informasi volume tidak muncul itu berarti objek terdapat lubang yang harus diperbaiki.



Nah itulah postingan cara mengetahui lusan dan volume pada SketchUp. semoga dengan artikel diatas dapat menambah wawasan dan membantu kalian dalam menggunakan software 3D yang satu ini.


2. Memberi Efek Bayangan Pada Google Sketchup


Salah satu pengaturan yang dapat memperindah model 3D yang kita buat ialah dengan memberikan efek bayangan pada model. dengan memberikan efek bayangan ini, model akan tampal lebih hidup sehingga akan memperindah hasil model yang telah kita buat.

Sketchup memilik fasilitas pemberian efek bayangan atau cahaya matahari untuk menunjang model agar tampat terlihat lebih nyata. Uniknya pada Sketchup pengaturan pemberian bayangannya sesuai dengan letak matahari pada bumi yang kita cintai ini sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk memberikan cahaya pada model secara manual.


Nah bagi kalian yang bingun bagaimana cara memberikan efek bayangan pada SketchUp, berikut langkah yang bisa kalian ikuti. 

 Untuk mengaktifkan fasilitas pemberian bayangan ini kalian dapat lakukan dengan cara pilih tab window > default extension dan pilih shadow maka tab pengaturan shadow akan muncul dan bayangan akan tampak terlihat pada model.

  

Kalian dapat mengatur letak matahari sesuai dengan kenginan kalian dengan cara menggeser slider pengaturan yang ada pada tab pengaturan shadows. Pengaturan yang dapat kalian lakukan yaitu berupa posisi waktu jam, bulan , intesitas cahaya dll.  


3. Cara Memberi Texture Gambar Pada Google Sketchup

Warna pada model 3D merupakan salah satu faktor yang dapat memperindah model 3D yang kita buat. dengan pewarnaan yang tepat dan bagus tentu hasil model yang kita buat akan tampak seperti halnya benda yang sesungguhnya. 

Salah satu pewarnaan yang bisa kalian lakukan pada SketchUp ialah dengan menggunakan tekstur bergambar yang kalian tempelkan pada model 3D yang sedang kalian buat. Dengan menggunakan tekstur bergambar pada model yang kita buat akan mempersingkat waktu kita dalam melakukan pewarnaan model yang membutuhkan pewarnaan yang cukup banyak. 

untuk dapat melakuakn hal tersebut kalian dapat melakuakannya dengan sangat mudah pada SketchUp. berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakuakan untuk melakukannya


Cara Pertama

  • Pertama kalian Pilih file> impor.
  • Kemudian pilih gambar yang akan anda jadikan texture.
  • Pilih gunakan sebagai texture.
  • Klik tombol open.

 Paint bucket akan menjadi aktif kemudian klik pada posisi dimana anda akan menempatkan texture tersebut.
 ketika anda menempatkan teksture gambar tidak terlalu penuh pada permukaan yang akan diberi warna, maka teksture tersebut akan memenuhi seluruh permukaan namun terpotong potong seperti terlihat pada gambar dibawah.



Cara Kedua

  • Cara lainnya ialah dengan memberi warna terlebih dahulu pada permukaan yang akan di maping. Pilih window > default tray , kemudian centang material atau anda bisa langung ketik B pada keyboard anda
  • Pilih warna yang anda inginkan kemudian letakkan pada permukaan yang akan di maping dengan cara di klik. Anda bisa ubah nama warna pada kotak dialog nama material
  

  • Pilih tab edit dan buka gambar yang akan anda jadikan texture.



 


 Kalian juga bisa atur ukuran texture sesuai selera anda pada kotak dialog dimensi.
  



bagaimana gampang bukan? Anda dapat juga melakukan berbagai pengaturan seperti opacity, warna texture, dll .


4. Cara Export File 3D Menjadi Gambar 2D Pada Google Sketchup


Untuk membuat model 3D yang kita buat pada SketchUp bisa kita cetak ataupun untuk kebutuhan dokumen tertentu, kalian bisa melakukannya dengan cara mengubah model 3D yang kalian buat ke dalam format gambar. hal ini bisa kalian lakukan dengan sangat mudah pada SketchUp. Untuk dapat melakukan hal tersebut berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan.

  • Pertama buka file SketchUp yang akan anda export. Kemudian sesuaikan tampilan model yang akan anda export. Pada dasarnya seluruh jendela pada SketchUp yang akan menjadi gambar pada saat anda export. Mungkin anda ingin mengatur style, menambah bayangan dan kabut atau mengubah pandangan model anda sesuai dengan yang anda butuhkan



  • Persiapan terakhir adalah perhatikan apakah ada garis sumbu yang terlihat. Jika anda ingin menghilangkan garis tersebut silahkan anda butka tab view kemudian hilangkan centang pada bagian axes dan guide
  • Jika model anda sudah sesuai kemudian pilih File > Export > 2D Graphic
  • Pilih format file gambar yang diinginkan, beri nama file dan letak gambar
  • klik tombol option untuk mengatur resolusi gambar dan kualitas gambar yang diinginkan kemudian klik export

jika kalian lakukan ha diatas maka model 3d yang kalian buat akan berubah menjadi format gambar dengan kualitas yang bisa kalian atur. 
jika kalian lakukan ha diatas maka model 3d yang kalian buat akan berubah menjadi format gambar dengan kualitas yang bisa kalian atur. 

5.Kumpulan Shortcut Akses dan Cara Membuat Shortcut Akses Pada SketchUp


SketchUp memberikan akses cepat keyboard untuk memudahkan para penggunanya dalam bekerja. ketika kita sedang membuat model 3D pada software ini, tentu akan merepotkan jika harus mencari tool tertentu secara manual. hal ini tentu akan mengurangi kecepatan kita dalam membuat berbagai macam model 3d.

Nah untuk mempercepat kita dalam bekerja, SkecthUp memliki shorcut akses yang bisa kalian gunakan untuk mempercepat dan mempermudah kerja kita dalam menggunakan software ini. sehingga kita tidak perlu repot-repot mencari tool tertentu secara manual.


Shortcut akses ini merupakan kombinasi tombol untuk menggunakan tootl tertentu pada SketcUp. Berikut adalah daftar Shortcut dan kegunannya pada Sketchup yang dapat anda gunakan.

Cara Membuat Shortchut Akses Sendiri Pada SketchUp

Selain shortcut akses di atas, kalian juga dapat membuat berbagai kombinasi tombol untuk tool tertentu sesuai keinginan kalian. jika kalian merasa kurang cocok dengan kombinasi tombol SketchUp diatas ataupun ingin membuat shortcut akses untuk tool kesayangan kalian yang mungkin sering kalian gunakan, kalian bisa melakukannya dengan mudah dengan mengikuti langkah dibawah ini.


  • Pertama buka tab window kemudian pilih preferences lalu pilih shortcut



  • kemudian pilih tool yang diinginkan. Pada kotak dialog add shortcut isi dengan tombol keyboard yang anda inginkan dan klik tombol plus.




  • Setelah itu klik ok dan shortcut anda siap digunakan
Nah itulah daftar shorcut akses dan cara membuat shortcut akses secara manual. semoga denga artikel diatas dapat membantu kalian untuk lebih tahu lagi tentang software pembuatan model 3D yang bombastis ini.

6. Tutorial Perintah Dasar SketchUp

 Google sketchup merupakan software 3d yang banyak digunakan para kalangan arsitek untuk mendesain rumah dan bangunan. Penggunaannya yang simpel dan sederhana membuat software ini mudah untuk dipelajari bagi banyak orang.



      Bagi kalian yang ingin mempelajari software 3D yang satu ini, kalian dapat mengikuti beberapa tutorial dasar yang saya posting dibawah ini. dengan mengetahui pengetahuan dasar dalam menggunakan software ini diharapkan kalian dapat dengan mudah untuk membuat berbagai macam model 3D yang bisa kalian ikuti di website ini. nah unttuk mempersingkat waktu berikut berbagai macam tutorial dasar dalam menggunakan SketchUp.

       1.    Cara memindahkan benda
Cara memindahkan benda pada google sketchup ini sangatlah mudah. Pertama kita buat benda sembarang pada sketchup seperti gambar dibawah

Kemudian pilih benda yang akan di pindah seperti ini . dengan cara klik kiri sebanyak 3x maka benda akan terpilih semua. Jika anda memilih satu face saja untuk dipindah maka face tersebut yang akan berpindah bukan semua benda.


Kemudian dengan menggunakan tool move   atau dengan mengetik pada keyboard huruf M.  dan pindah benda sesuai garis axis yang diinginkan





Dan selesai. Untuk tambahan saja ketika kita ingin memindahkan benda pada axis tertentu dan tidak ingin terganggu dengan pergerakan kursor yang tidak lurus maka tekan SHIFT ketika anda akan memindahkan benda sehingga benda yang akan dipindah lurus sesuai dengan axis yang diinginkan


      2.     Menggandakan benda
Untuk menggandakan benda (copy) pada sketchup memang tidak ada tool secara langung untuk menggandakan benda tersebut. Berikut adalah cara menggandakan benda pada sketchup

Pertama buat benda sembarang yang akan kita gandakan terlebih dahulu. Disini saya membuat gambar piramida



Kemdian pilih benda yang akan di copy  dan klik tool move    atau tekan M. lalu tekan CTRL pada keyboard untuk mengcopi benda tersebut




Setelah itu letakkan benda yang sudah di copy tersebut pada axis yang diinginkan



     3.     Memutar benda
Untuk memutar benda kita buat terlebih dahulu objek yang akan diputar.

Kemudian dengan menggunakan tool  rotate  atau tekan pada keyboard pilih posisi mana benda tersebut akan diputar dan lakukan putaran




Untuk lebih persisi masukkan angka berapa derajat putaran yang diinginkan dengan cara langsung menekan angka yang diinginkan pada keyboard



4. menggandakan dengan pola melingkar

    Pertama kita buat benda yang akan di gandakan dan buat juga garis jari jari yang diinginkan untuk     menggandakan benda tersebut



    Setelah itu klik tool rotate    atau tekan Q. kemudian tekan CTRL untuk menggandakan      benda tersebut. Pilih titik tengah jari jari yang sudah dibuat. Dan putar




Jika kta menginginkan terdapat 12 benda dalam lingkaran maka kita bagi 360 derajat dengan 12 sehingga kita masukkan angka 30 derajat pada saat melakukan putaran Dan lakukan berulang ulang sehingga membentuk gambar 12 benda dalam lingkaran



 5.       Membalikkan benda (mirror)

       Untuk membalikkan benda kita gunakan perintah flip along dengan cara klik kanan pada benda yang sudah dipilih kemudian pilih flip along


Disini terdapat 3 pilihan yaitu red, green  dan blue axis. Pilihan tersebut maksudnya ialah jika memilih arah red axis maka benda akan terbalik searah garis merah seperti ini



Jika memilih arah green axis maka benda akan terbalik searah garis hijau seperti gambar dibawah


Dan jika memilih arah blue axis maka benda akan terbalik searah garis biru seperti gambar dibawah


6.       Intersect  benda

Intersect adalah memberikan garis potongan pada 2 benda atau lebih yang sedang berportongan.

Langkah pertama adalah buat dua objek yang berbeda bentuk dan buat grup masing masing benda tersebut 



Dalam  gambar ini saya akan memotong bentuk  donat sesuai dengan bentuk lengkungan gambar ke 2.
Pindah kan gambar lengkungan menyatu dengan donat kemudian masuk ke group  donat lalu klik kanan dan pilih intersect with model maka akan tampak seperti gambar dibawah





Kemudian kita hapus bagian yang terbentuk dari hasil perpotongan tersebut menjadi seperti ini


7. Tutorial Belajar SketchUp buat Pemula Bahasa Indonesia PDF

Google SketchUp merupakan salah satu Software pembuatan model 3D yang diperuntukkan untuk membuat bentuk arsitetur seperti halnya rumah, bangunan, desain interior dll. tidak seperti kebanyakan software pembuatan model 3D yang lainnya, SketchUp memiliki tampilan antar muka yang sangat sederhana dan mudah diguankan sehingga bagi kalian yang masih pemula bisa dapat dengan cepat untuk menguasai software 3D yang satu ini.


Nah, bagi kalian yang ingin mempelajari software 3D ini, kalian dapat mendownload eBook yang saya berikan pada postingan kali ini. Ebook ini secara garis besar berisi tentang perintah-perintah dasar dalam mengoprasikan google SketchUp sehingga sangat cocok bagi kalian yang masih pemula atau baru belajar pertama kali belajar software 3D yang satu ini


Untuk mempersingkat waktu langsung saja kalian klik link dibawah untuk mendownload ebook belajar google SketchUp untuk pemula.



8. Cara Menginstal Plugin Tool Pada Google Sketchup


Dalam kesempatan kali ini saya akan jelaskan kepada kalian bagaimana cara menginstal extension plugin tool pada google SketchUp dengan cepat dan mudah.
Kita ketahui bahwa google sketchup merupakan aplikasi pembuatan model 3d yang sangat popular dan bisa kalian dapatkan secara gratis untuk versi SketchUp Make. jika kalian ketahui bahwa Google SketchUp hanya memiliki tool untuk pembuatan model yang sangat terbatas sehingga  diperlukan tool tambahan yang bisa kalian instal agar dapat memudahkan kalian dalam membuat segala bentuk model 3D.

Nah jika kalian bingung bagaimana cara menginstal plugin tool pada google SketchUp, Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana cara menginstal extension plugin tool pada google sketchup secara singkat

1. Bukalah Google SketchUp kalian


2. Buka tab window dan plih prefrences



3.  Kemudian pilih tab extension dan klik install extensions



4. Setelah itu pilih plugin tool.rbz yang akan di install dan tunggu hingga proses instalasi selesai 



Bagaimana ??? gampang bukan. itulah tutorial bagamana cara menginstal Plugin tool pada Google SketchUp dengan mudah. Saya harap tutorial kali ini dapat membantu kalian dalam mempelajari Software 3D yang bombastis ini.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Belajar SketchUp Bahasa Indonesia Level 1 (Tutorial Dasar dan Pengenalan )"

Post a Comment