TIPS RUMAH TETAP NYAMAN DI MUSIM HUJAN

TIPS RUMAH TETAP NYAMAN DI MUSIM HUJAN


Musim hujan telah tiba, setiap hari hujan bisa saja turun sewaktu-waktu. Kondisi ini membuat kita di tuntut lebih waspada terhadap kondisi rumah, akibat hujan turun yang lebat atau besarnya tiupan angin. Lalu bagaimana cara yang harus kita lakukan agar rumah tetap nyaman di musim hujan ?
Sejak perencanaan awal pembangunan, desain rumah pasti telah diperhitungkan dengan baik untuk mengantisipasi terhadap cuaca panas atau cuaca hujan. Ketika musim panas rumah harus tahan dan dapat menyerap udara panas agar rumah tetap nyaman dan sejuk. Namun ketika musim hujan seperti ini, rumah harus kokoh terhadap terpaan angin dan kuat menahan guyuran hujan agar rumah tidak bocor.
Berikut ini saya akan membrikan tips, bagaimana cara merawat rumah agar tetap nyaman dihuni ketika musim hujan tiba. Dengan perawatan rumah yang baik, tentunya akan membuat harga jual rumah tingggi bila suatu saat nanti rumah dijual. Dan berikut ini adalah beberapa tipsnya:
  1. Periksa kondisi atap rumah, ini berguna untuk melihat apakah genteng dan atap perlu mendapatkan perbaikan atau tidak. Cek apakah pada atap rumah terdapat retakan atau sambungan antara genteng ada yang lepas. Bila ada retakan, Anda bisa memberikan waterproof untuk menutup semua retakan yang ada. Bila ada sambungan genteng atau asbes yang lepas, Anda tinggal menyusun kembali sambungan tersebut agar air hujan tidak bisa masuk dari sela-sela sambungan yang lepas. Sebaiknya pengecekan atap rumah di lakukan dua sampai tiga bulan sekali, untuk mengantisipasi terjadinya hujan sewaktu-waktu.
  2. Setelah atap rumah diperiksa dan mendapatkan perbaikan, selanjutnya adalah memeriksa bagian plafon rumah. Bila plafon rumah Anda terbuat dari beton periksa apakah ada rembesan yang berasal dari atap rumah. Hindari genangan air yang ada pada dak atas, agar air tidak bisa rembes menuju plafon.  Bila plafon rumah Anda terbuat dari triplek atau gypsum cek apakah ada tanda bekas air yang terlihat pada plafon. Biasanya kerusakan plafon terlihat dari adanya tanda air pada plafon.  Segera perbaiki atau ganti plafon rumah bila ada kerusakan. Jikap lafon rusak dan lembab dibiarkan terus menerus, akibatnya akan fatal. Plafon bisa ambruk dan membahayakan anggota keluarga, jika ini terjadi akan memerlukan perbaikan ekstra dengan biaya yang lebih banyak lagi.
  3. Perhatikan sudut kemiringan genteng untuk memaksimalkan kemampuan genteng dalam menghadang air hujan. Pada genteng keramik sudut kemiringan yang dibutuhkan adalah sekitar 30 derajat, sedangkan untuk atap asbes butuh sekitar 15 derajat. Jika sudut kemiringan genteng tidak diperhatikan dengan baik, maka air hujan yang di sertai angin bisa masuk melalui celah genteng.
  4. Teras rumah juga perlu perhatian khusus, untuk melindunginya dari guyuran hujan. Anda dapat menambahkan kanopi dengan ukuran satu meter atau lebih pada teras rumah. Selain cara ini dapat menghindari air hujan masuk kedalam rumah, ini juga bisa juga melindungi lantai teras dan cat dinding rumah dari tampias air hujan dan angin.
  5. Periksa saluran pembuangan air dari atap rumah. Apakah ada sampah atau dedaunan kering yang menyumbat saluran air. Bila saluran pembuangan air tersumbat, hal ini akan membuat genangan air pada dak rumah yang bisa membuat air luber dan bocor masuk kedalam rumah. Sama dengan mengecek atap rumah, pemeriksaan ini sebaiknya di lakukan dua sampai tiga bulan sekali.
Itulah tips agar rumah tetap nyaman disaat musim hujan yang bisa saya bagikan, mungkin Anda bisa menambahkan. Karena di musim hujan seperti ini guyuran hujan dan terpaan angin menjadi musuh utama terhadap rumah kita. Terlebih lagi terhadap rumah yang kurang mendapatkan perawatan dengan baik. Semoga hal ini bisa membantu Anda dalam mendapatkan kenyaman di dalam rumah disaat musim hujan berlangsung. Terima kasih telah berkunjung hari ini, selamat beraktifitas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS RUMAH TETAP NYAMAN DI MUSIM HUJAN"

Post a Comment