MATERI II : MERENCANA SURVEY LALU LINTAS - KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN

MATERI II : MERENCANA SURVEY LALU LINTAS - KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN


Survey lalu lintas dilakukan untuk melihat jumlah lalu lintas yang akan memasuki atau meliwati titik/pos pengamatan untuk merekam jenis kendaraan dan tonase. Data ini dapat digunakan untuk mengukur tingkat pelayanan jalan dalam umur layanan dan kecepatan, kerapatan dan kepadatan lalu lintas pada suatu ruas jalan. 

1. Ruang Jalan Jalan adalah ruang lalu lintas tempat kendaraan dan orang berpindah tempat dan dipergunakan bagi lalu lintas umum (UU-RI No.14 Th.1992). Proses pengembangan melalui perencanaan dan perancangan serta penerapan jalan erat kaitannya dengan keselamatan lalu lintas. tahapan yang dilakukan secara terukur yang memenuhi standar akan mampu memberikan kenyamanan, keamanan dan kemudahan bagi pengguna jalan, serta meminimalkan kejadian kecelakaan pada ruang jalan, dan ini berarti suatu perbaikan keselamatan bagi para pengguna jalan tersebut.

2. Rancangan fasilitas jalan adanya komponen utama dalam proses rancangan jalan yang mempengaruhi keselamatan adalah: hierarki jalan, penyediaan fasilitas bagi segala jenis pengguna jalan, penggunaan lahan serta pengendalian akses (ADB,1996).

3. Rancangan komponen jalan . melalui rancangan yang baik dengan menggunakan prinsip-prinsip rancangan yang sesuai standar dapat membantu mencegah permasalahan keselamatan berkendaraan. Rancangan yang aman berarti memastikan keselamatan bagi pengguna jalan. Secara umum, rancangan yang aman dan baik mengembangkan standar yang ada dengan mempertimbangkan keadaan lalu lintas setempat dan apa yang sesuai untuk semua pengguna jalan di lokasi tersebut. Menurut Asian Development Bank (1996) suatu rancangan yang aman hendaknya memberikan perhatian terhadap pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan : persimpangan, jarak pandang, lengkungan dan superelevasi, batas kecepatan, rambu dan marka jalan, drainase, median, pagar, penerangan jalan serta tempat pemberhentian sementara.

4. Hubungan antara Volume, Kecepatan dan Kerapatan Menurut Brian dan Wohl (1967) mengatakan bahwa dalam sebuah aliran lalu lintas pada suatu ruas jalan terdapat tiga variabel utama yang digunakan untuk mengetahui karakteristik arus lalu lintas, yaitu : 

    1) Volume (flow): jumlah kendaraan yang melewati suatu titik tinjau tertentu pada suatu ruas jalan per satuan waktu tertentu. Satuannya         adalah kend/jam atau kend/hari. 

    2) Kecepatan (speed) yaitu jarak yang dapat ditempuh kendaraan pada suatu ruas jalan per satuan waktu, dalam satuan km/jam atau m/dt..        3) Kepadatan (density) yaitu jumlah kendaraan per satuan panjang jalan tertentu dengan satuan kend/km.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "MATERI II : MERENCANA SURVEY LALU LINTAS - KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN"