Kota Lama Al Quds Situs Warisan Dunia UNESCO

Kota Lama Al Quds Situs Warisan Dunia UNESCO






Kota Tua Al Quds dan temboknya

Nama sebagaimana tercantum

 dalam Daftar Warisan Dunia

Nomor identifikasi 148

Daerah UNESCO Asia-Pasifik

Tahun pengukuhan 1981 (sesi ke-15)

Peta al Quds pada tahun 1947, garis hijau merupakan ketentuan yang tidak boleh dilampaui selang Al Quds Barat dengan Al Quds Timur, garis hitam bermodel jajaran genjang merupakan tembok kota tua

Kota Lama Al Quds merupakan kota tua  yang dikelilingi oleh tembok yang berada dalam daerah Al Quds Timur, di kota Al Quds. Distrik kota tua Al Quds terbagi dalam empat wilayah adalah Kampung Islam, Kampung Yahudi (warna biru), Kampung Kristen dan Kampung Armenia (yang juga Kristen).

Kota Lama Al Quds dinamakan juga Baitul Maqdis. Di dalam Kota Lama Al Quds, banyak terdapat situs-situs suci umat Muslim, Nasrani dan Yahudi. Di sudut tenggara Al Quds Lama ini terdapat Kompleks Al-Haram asy-Syarif yang di dalamnya terdapat Kubah Shakhrah dan Masjid Al-Aqsha dan pada sudut masjid tersebut terdapat Tembok Ratapan.

Abdullah bin Umar, seorang sahabat Nabi, pakar hadits dan hukum fiqih mengatakan:

"Baitul Maqdis merupakan tempat para Nabi dan bersama-sama menjadi satu kelompokannya mereka kepada beribadah. Tidak berada sejengkalpun tanah di tempat itu yang tidak dipakai kepada sembahyang oleh para Nabi atau para Malaikat".

Pada tahun 1967 dalam perang arab-israel yang penuh rekayasa dan pengkhianatan para penguasa Arab antek penjajah maka Al Quds timur dijarah oleh zionis Yahudi 

Tempat ini pun terdaftar di Situs Warisan Dunia UNESCO, dan atas usul dari Yordania.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kota Lama Al Quds Situs Warisan Dunia UNESCO"

Post a Comment