Perkuat Revitalisasi SMK, Direktorat PSMK Canangkan Center Of Excellence

Perkuat Revitalisasi SMK, Direktorat PSMK Canangkan Center Of Excellence


Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal mencanangkan pusat-pusat unggulan di SMK-SMK. Program ini diharapkan bisa melengkapi program Revitalisasi SMK dengan cakupan lebih luas.

Rencana memprogramkan pusat keunggulan bagi SMK di Indonesia ini seperti diungkapkan Kasubdit Sarana Prasarana Direktorat PSMK Kemendikbud, Hariyono MM, Sabtu (25/1/2020).

“Tahun 2020 ini Direktorat PSMK sedang merancang program kegiatannya dan anggarannya. Soal bentuk intervensi dan treatment apa saja ke SMK-SMK ditunggu saja. Salah satu unggulannya nanti berupa program Center of Excellence,” kata Hariyono, usai peresmian Ruang Praktik Siswa di SMKN 1 Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (25/1) siang.

DIJELASKAN secara substansi dEsain Center of Excellence serupa dengan program Revitalisasi SMK. Akan tetapi, lanjutannya, cakupan programnya lebih luas dan multi-treatment.

“Cakupan program Center of Excellence lebih luas, dengan lebih banyak intervensi dan treatment yang bisa diberikan pemerintah. Dan setiap sekolah juga bisa mengakses program ini jika memenuhi syarat yang ditentukan,” tegasnya.

Hariyono menambahkan, tidak hanya bantuan sarpras dan peralatan yang akan diberikan melalui program Center of Excellence ini. Namun juga, penguatan karakter siswa, pendukung pembelajaran, peningkatan kompetensi guru dan kerja sama dengan dunia industri.

“Persisnya belum bisa dipastikan seperti apa, termasuk pagu anggarannya. Masih pembahasan perubahan struktur dari Direktorat PSMK menjadi Direktorat Vokasi,” ungkap Hariyono.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perkuat Revitalisasi SMK, Direktorat PSMK Canangkan Center Of Excellence"

Post a Comment