OPTIMALISASI SOSIAL MEDIA



Membuat Akun di Sosial Media Pilihan


Semakin anda populer di sosial media maka sejalan dengan popularitas website yang anda miliki. Syarat utamanya adalah terintegrasinya semua sosial media kemudian terpusat menuju website anda. Hal pertama yang wajib anda lakukan tentu saja membuat akun di berbagai sosial media, mau sebagian atau semuanya terserah. Semakin banyak semakin baik, karena misi pertama yang harus dilakukan adalah membangun popularitas website, terlebih website baru atau website lama yang “Domain Authority” nya masih rendah.


facebook Sosmed populer di Indonesia yang pertama . sangat tepat untuk dijadikan pilihan pertama, mengingat sosial media ini mempunyai populasi terbesar di dunia, juga di indonesia. Pengguna facebook di Indonesia sendiri mencapai kurang lebih 140 juta orang dari berbagai kalangan
youtube menjadi satu diantara media sosial paling populer di Indonesia. Disebut sebagai medsos karena aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk berbagi video, menonton hingga memuat video dengan ragam konten.
Youtube juga disertai dengan like serta komentar yang membuat pengguna bisa memberikan penilaian atau pendapat terhadap konten yang disajikan. Pengguna youtube di Indonesia sangatlah banyak, mencapai kurang lebih 50 juta pengguna aktif.
Twitter Meski tidak sepopuler facebook dan youtube, keberadaan twitter nyatanya digemari oleh banyak orang karena mudah digunakan. Pengguna twitter di Indonesia mencapai kurang lebih 6,6 juta pengguna.
Beberapa kelebihan yang ditawarkan twitter antara lain fitur retweet, fitur reply tweet, fitur like tweet, fitur following, fitur follower dan lain-lain.
Google Plus mempunyai andil besar terhadap peringkat website di mesin pencari, karena milik google pastinya lebih menjadi perhatian google. Agak sedikit nepotisme, setidaknya untuk saat ini.
Linkedin Satu lagi medsos yang masuk ke dalam 6 sosial media terpopuler dan terbaik di Indonesia adalah Linkedin. Situs populer yang satu ini memiliki pengguna kurang lebih 8 juta yang kemungkinan akan terus bertambah seiring dengan kenyamanan dari penggunaan aplikasi yang satu ini.
Jejaring sosial Linkedin bersifat profesional dan bukan lagi personal. Pengguna bisa menemukan banyak lowongan pekerjaan, peluang bisnis, ide serta konsep bisnis dan lain-lain pada media sosial yang satu ini,
Instagram Siapa sih yang tidak kenal dengan instragam? Jejaring sosial yang satu ini memungkinkan para pengguna untuk berbagi gambar disertai dengan ragam fitur menarik di dalamnya. Adapun fitur menarik yang dimaksud antara lain adalah aplikasi belanja di stories, efek filter, video chat dan lain-lain.
Di Indonesia, jumlah pengguna instragam mencapai kurang lebih 56 juta pengguna. Pengguna Instragam sendiri kemungkinan semakin bertambah karena banyaknya fitur menarik di dalamnya
Whatsapp wajib anda pasang untuk berbagi tautan secara masal kepada semua teman serta kolega yang nomornya tercatat di seluler milik anda.

Selain akun sosial media yang disebutkan diatas, anda juga bisa menggunakan akun sosial media lainnya jika familiar, terlebih anda mempunyai banyak koneksi sebelumnya.

Cara Membangun Popularitas di Sosial Media

Ada aturan yang harus anda lakukan dalam rangka membangun poularitas website milik anda di jejaring sosial. Langkah yang setidaknya mengantarkan anda menuju pencapaian sesuai yang di targetkan. Tapi ini tidak mudah, diperlukan waktu, kerja keras yang konsisten. Secara umum membangun popularitas dapat dilakukan melalui dua cara yaitu social media optimizaion dan social media marketing.

Melakukan Social Media Optimization (SMO)

Optimasi total akun sosial media yang anda miliki. Tanpa melakukannya, usaha yang anda lakukan nantinya menjadi kurang efektif.

Mengisi Profil Selengkap-lengkapnya

Langkah pertama yang sangat penting adalah memasukan data selengkap-lengkapnya. Data profil lengkap di sosial media sangat membantu usaha anda, setidaknya membantu pengguna lain menemukan anda, memperbesar peluang mendapat teman baru. Jangan lupa untuk mengisi tautan (link) menuju website di pengisian profil.

Membuat Halaman Khusus Usaha

Beberapa jejaring sosial menyediakan fasilitas halaman khusus untuk bisnis dan usaha agar terpisah dari akun pribadi. Salah satunya facebook page. Sebaiknya anda membuatnya kemudian lakukan optimasi pengisian profil usaha anda selengkap-lengkapnya, serta tuliskan tautan menuju website anda. Undang sebanyak-banyaknya teman untuk menyukai halaman usaha anda.

Bergabung di Group Komunitas

Facebook dan google plus misalnya mempunyai fasilitas halaman khusus diperuntukan untuk komunitas tertentu. Ini merupakan cara “gratis” yang paling efektif menurut saya. Anda bisa mencari komunitas yang sekiranya berhubungan dan memiliki mnat terhadap “niche” bisnis yang anda miliki, kemudian bergabung. Link tautan menuju konten website yang anda bagian pada group komunitas hasilnya dapat dipastikan cukup baik.

Melakukan Social Media Marketing (SMM)

Menggunakan fasilitas berbayar untuk mempromosikan usaha anda, merupakan cara yang jauh lebih cepat jika dibandingkan SMO, juga hasilnya jauh lebih baik. Banyak sosial media menyediakan fasilitas Social Media Marketing, misalnya sosmed yang paling populer “facebook”.

Lakukan Optimasi Iklan

Mentang-mentang berbayar, anda merasa tidak perlu melakukan optimasi karena berfikir banyak orang yang dijangkau. Salah total, meskipun anda membayar sebuah iklan anda harus mengoptimasinya semaksimal mngkin. Siapa yang menjadi target anda, dari kota mana. Berapa usianya, pendidikannya apa, peluang konversi dengan melihat track record seseorang, ketertarikan minat, profesi, waktu penayangan harus anda atur se tepat mungkin. Efektif dan efisien, keluarkan pengeluaran biaya sekecil2nya untuk konversi sebanyak-banyak nya, karena yang meng-klik iklan anda belum tentu tingkat konversinya besar,

Targetkan Menuju Halaman atau Situs Web

Ini menyangkut strategi dari social media marketing itu sendiri. Ada 2 pilihan setidaknya, link tautan dari iklan diarahkan langsung ke website atau ke halaman anda. Hal ini sepenuhnya merupakan keputusan atas taktik dan strategi yang digunakan.
Tautan menuju situs web (home page atau halaman tertentu) akan meningkatkan trafik secara situs web signifikan dalam waktu singkat. Strategi social media marketing tautan situs web merupakan strategi jangka pendek dengan konversi tinggi.
Tautan menuju halaman facebook merupakan strategi jangka panjang. Dengan target pengguna sosial media yang menyukai halaman,  secara otomatis akan menerima setiap link tautan konten yang anda bagikan di halaman bisnis anda ke depannya. Namun untuk jangka pendek menaikan trafik web lebih rendah dari tautan langsung menuju web.

Sikap yang Baik Ketika Membangun Popularitas

Sikap anda sangat menentukan popularitas di sosial media, setidaknya hasil yang didapatkan nantinya. Pengguna situs jejaring sosial adalah manusia yang tentunya menilai segala sesuatu dengan aspek kemanusiaan yang dimilikinya.

Sopan juga santun

Berbahasalah yang benar jangan kasar, bersikaplah dengan baik. Semua ada aturannya, terlebih bersosialisasi. Manusia cenderung lebih menghargai manusia lainnya jika sopan dalam berbahasa, santun dalam bertindak. Begitupun pada sosial media yang merupakan representasi sosial menggunakan internet.

Tidak Egois

Boleh membagikan link, mempromosikan bisnis anda tapi anda juga harus memperhatikan perasaan orang lain, apakah keberatan dengan link tautan yang anda bagikan?.
  • Jangan terlalu sering misal satu hari membagikan 100 tautan.
  • Jangan membagikan sesuatu yang tidak ada hubungan nya dengan minat anggota (terutama komunitas).
  • Beritahukan alasan anda membagikan link, misal membagikan tautan di WA setiap hari sabtu pagi, anda beritahukan bahwa yang anda bagikan adalah informasi dan wawasan, anggap saja koran akhir pekan.
  • Melihat tautan orang lain. Tidak hanya anda yang sedang berjuang, orang lain pun sama berjuang. Cobalah melihat tautannya, baca dan beri komentar, puji jika bagus, kritik jika kurang baik dengan orientasi perbaikan bukan mencela karena sentimen.
Kejadian yang paling saya tidak suka adalah seseorang misalnya memasukan kontak sebanyak2nya di BBM untuk bisnisnya (juga WA dan yang lainnya), jika kontak yang dimasukannya melakukan promosi juga maka buru2 di DC bahkan di banned. Orang seperti ini tidak akan meraih sukses, semoga anda bukan salah satunya. Yang benar adalah jika berniat seperti itu maka terima konsekuensinya secara ikhlas, bahkan jika anda memberikan respon positif terhadapnya maka saya berikan “salut” untuk anda.

Lakukan Komunikasi dua arah

Tanggapi setiap respon negatif dan positif pada status tautan yang anda bagikan, tanggapi dengan sopan dan santun. Ucapkan terima kasih setiap orang yang menanggapi status tautan anda, minimal like jika anda sibuk misalnya dalam perjalanan, tanda bahwa anda sudah membaca komentarnya.

Berikan Solusi Permasalahan

Berikan solusi bagi pengguna sosmed terutama group dan komunitas. Jika anda mempunyai artikel yang berhubungan maka berikan linknya, bukan hanya dari artikel website anda, artikel website orang lain pun boleh. Jika tidak mempunyai link dan artikel jawablah semampunya jika anda memang tau solusinya. Diterima atau tidaknya saran anda tidak masalah, point yang terpenting adalah niat yang tulus ingin membantu.

Gunakan Kalimat yang Menjadi Perhatian

Ketika membagikan link tautan sebaiknya jangan mentah (tidak menyertakan kata apapun). Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk mencari perhatian. Secara persuasif, membujuk dengan kata-kata manis, khiasan atau apapun itu. Bisa juga secara provokatif (kadang membuat orang tersulut emosinya) berkesan menyindir sesuatu, membantah teori dan sejenisnya, jika terjadi konflik anda jelaskan bahwa tujuannya hanya menarik perhatian semata tidak yang lain. Banyak cara merangkai kata untuk kalimat dengan maksud mencari perhatian pengguna sosmed, silahkan secara bebas anda gunakan, namun harus tetap menghargai pengguna lainnya.

Cara Menghubungkan Facebook ke Twitter
Sementara itu, kalau kamu ingin setiap update status di Facebook langsung bisa masuk ke status Twitter kamu, kamu bisa menghubungkannya dengan cara:
  1. Buka browser dan kunjungi halaman facebook.com/twitter.
  2. Akan terlihat tampilan untuk login. Silakan kamu login ke akun Facebook kamu terlebih dahulu.
  3. Setelah LOGIN, tampilan selanjutnya akan terlihat seperti di bawah ini.
  4. Pada foto di atas menunjukkan kalau Facebook saya sudah terhubung ke Twitter. Jika belum, maka akan keluar tulisan berwarna biru LINK MY PROFILE TO TWITTER. Kamu bisa langsung klik tulisan tersebut.
  5. Selanjutnya, pilih AUTHORIZE APP.
  6. Setelah itu, kamu juga bisa memilih apa saja yang boleh dimasukkan ke status Twitter dari Facebook kamu. Apakah hanya STATUS UPDATE, PHOTOS, LINKS, VIDEO, NOTES saja atau semuanya. Lakukan ceklis di EDIT SETTINGS. Selain itu, kamu yang punya FACEBOOK PAGE juga bisa menghubungkannya ke Twitter dengan klik LINK YOUR PAGES TO TWITTER.
  7. Terakhir, jangan lupa simpan semuanya dengan meng-klik SAVE CHANGES.
Cara Berhenti Menghubungkan Twitter Dengan Facebook
Jika suatu saat nanti kamu bosan dengan sinkronisasi Facebook dan Twitter, kamu juga bisa menghentikannya dengan cara:
  1. Login ke akun Facebook kamu.
  2. Di HOME Facebook kamu, pilih segitiga terbalik di sudut kanan atas. Kemudian, pilih SETTINGS.
  3. Akan terlihat tampilan GENERAL INFORMATION profil Facebook kamu. Selanjutnya, kamu bisa lihat di sebelah kiri layar. Pilih PUBLIC POSTS.
  4. Setelah tampilan PUBLIC POSTS keluar, lihat pada bagian kanan layar. Ada keterangan tentang TWITTER. Twitter saya sebelumnya terhubung dengan FACEBOOK. Maka dari itu, ada keterangan YOUR PROFILE IS LINKED.
  5. Untuk memutus hubungan Twitter dengan Facebook, kamu bisa klik EDIT di sebelah kanan hingga keluar tulisan berlatar biru UNLINK PROFILE FROM TWITTER.
  6. Sekarang Facebook kamu sudah tidak terhubung dengan Twitter.
Semua cara di atas bisa kamu terapkan melalui smartphone Android atau PC (komputer).  Mudah bukan caranya? Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke semua media sosial kamu. Terima kasih^^

Silahkan Di Follow Akun Twitternya


























Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "OPTIMALISASI SOSIAL MEDIA "

Post a Comment