KAPAN WAKTU YANG TEPAT MENGAJARKAN ANAK SHALAT?



(Disarikan dari Buku "Ingin Anak Anda Rajin Shalat" karya Musthafa Abdul Muathi)

Secara umum, sosok yang pertama kali mengajarkan shalat pada anak adalah kedua orang tua, baik ayah maupun ibu. Oleh karena itu, kapan kita mulai mengajarkannya kepada mereka? Jawaban pertanyaan ini akan diterangkan oleh hadits berikut "Seorang lelaki dari golongan Kami menceritakan dari Rasulullah bahwa Beliau ditanya tentang itu. Beliau menjawab 'Jika anak telah mengetahui arah kanan dan kirinya, perintahkanlah untuk shalat'" (HR Abu Dawud)
.
Abdullah ibn Umar ibn Khattab berkata "Rasulullah bersabda, 'Jika anak sudah bisa berbicara, ajarilah mereka mengucapkan laa ilaaha illallah. Dan jika sudah tumbuh giginya ajarilah mereka shalat" (HR. Abu Dawud)
.
Nabi SAW telah menentukan usia yang tepat untuk mengajarkan shalat pada anak-anak. Karena pada usia tersebut anak hanya meniru kedua orang tuanya dan rasa senang mereka pada shalat. "Perintahkanlah anak-anakmu agar Shalat saat mereka telah berumur tujuh tahun, pukullah mereka saat mereka telah berumur sepuluh tahun dan pisahlah tempat tidur mereka." (HR Thabrani)
.
——

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KAPAN WAKTU YANG TEPAT MENGAJARKAN ANAK SHALAT?"

Post a Comment