Informasi tentang cara pembayaran Google Adsense.

Berbicara tentang Google Adsense memang tak ada habisnya. Mulai dari perjuangan agar diterima jadi publisher (penayang iklan), mempertahankan diri agar tidak dibanned hingga bagaimana cara meningkatkan penghasilan dari Google Adsense.


kembali akan membahas tentang tatacara mencairkan komisi dari Google Adsense.

Google Adsense menerapkan aturan yang berbeda-beda kepada tiap negara untuk melakukan pencairan atau pembayaran komisi. Dahulu, publisher Adsense di Indonesia hanya bisa melakukan pencairan melalui cek yang dikirim ke alamat masing-masing.


Selain metode ini membutuhkan waktu yang lama, kendala yang paling banyak dialami oleh publisher adalah cek yang tidak kunjung tiba. Apalagi kalau publisher telah pindah alamat. (Pengalaman pribadi yang bikin nyesek dada...hixhix).

Tapi itu dulu, kini Google Adsense telah memanjakan publisher di Indonesia. Ada tiga metode pembayaran yang ditawarkan Adsense.  Melalui transfer kawat ke rekening bank, melalui western union dan yang terakhir melalui cek, tentunya.

Jika Anda baru dalam menjalankan Google Adsense, dan belum mengetahui bagaimana cara melakukan pengaturan metode pembayaran, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Pertama-tama, masuk ke akun Google Adsense Anda. Lalu klik gambar bergerigi di pojok kanan atas, pilih Pembayaran

  • Anda akan dibawa ke halaman riwayat pembayaran Anda. Dibagian tengah, klik Kelola pada bagian Bagaimana Anda menerima pembayaran?

  • Lalu klik Tambah Metode Pembayaran Baru

  • Maka akan muncul tiga metode pembayaran yang disediakan oleh Google Adsense untuk publisher di Indonesia. Untuk masing-masing penjelasannya, sebagai berikut:




3 Cara Pembayaran Adsense Yang Tersedia Bagi Indonesia

Jika Anda belum bergabung dengan program Google Adsense atau Anda sudah memiliki akun Adsense namun penghasilan Anda belum pernah mencapai batas pembayaran (payment threshold), maka Anda pasti penasaran ingin tahu bagaimana sebenarnya cara pembayaran Adsense.


Pembayaran Adsense akan bisa dilakukan jika penghasilan dalam akun Adsense Anda telah mencapai $100 atau lebih pada suatu bulan. Penghasilan Adsense bisa dicairkan pada setiap akhir bulan jika sudah mencapai payment threshold yaitu $100.

Pembayaran Adsense untuk orang Indonesia tersedia dalam tiga pilihan, yaitu:

1. Melalui Western Union

Metode pembayaran Adsense yang paling umum digunakan khususnya di Indonesia yaitu dengan menggunakan Western Union. Jika penghasilan dalam akun Adsense Anda sudah mencapai $100 atau lebih, maka pada akhir bulan nantinya akan muncul informasi pembayaran Adsense yang dapat dicairkan di Western Union, contohnya seperti gambar berikut ini: 


Untuk mencairkan komisi Adsense ini Anda harus membawa informasi diatas yaitu informasi mengenai Nomor MTCN (Money Transfer Control Number), jumlah dolar penghasilan Adsense yang akan dicairkan, alamat pengirim yaitu Google Inc. serta KTP asli Anda dan fotocopy-nya.

Sebelum pembayaran melalui Transfer Dana Elektronik (EFT) berlaku di Indonesia, metode ini paling banyak digunakan. Selain mudah dan cepat, metode ini juga tidak dipungut biaya atau pemotongan komisi.


 
Western Union Quick Cash adalah bentuk pembayaran yang memungkinkan Anda menerima pembayaran AdSense secara tunai menggunakan layanan transfer uang Western Union (WU) di seluruh dunia.  
Memilih menerima pembayaran melalui WU berarti Anda tidak harus menunggu cek diterima melalui surat, dan hal ini juga dapat memangkas biasa bank dan waktu kliring yang lama terkait dengan penyetoran cek.  
Yang Anda perlukan saat menerima pembayaran melalui WU adalah tanda pengenal resmi yang sesuai dengan data penerima di Google Adsense.  
Cara mencairkan uang dari metode ini juga cukup mudah. Cari saja WU yang terdekat dari lokasi Anda dan berikan MTCN (Nomor Kontrol Transfer Uang) unik yang dapat ditemukan melalui tautan Pembayaran otomatis pada laman "Riwayat Pembayaran" Anda.  
Kekurangannya, selain harus mengantri (kalau sedang banyak orang) juga jumlah dana yang ditarik akan terbatas. Kalau tidak salah pembayaran diatas $8.000 akan dibagi dalam beberapa kali pengiriman. Selebihnya, metode ini cukup baik digunakan. 

2. Melalui transfer ke rekening Bank Lokal (Wire Transfer)

Sejak tahun 2014, Google sudah mendukung pemain Adsense Indonesia untuk bisa menerima pembayaran penghasilan Adsense lewat transfer ke rekening Bank. Jadi nantinya penghasilan di transfer langsung ke rekening Bank kita.

Metode pembayaran transfer kawat ini terbilang baru di Indonesia. Dengan menggunakan metode ini Anda akan menerima dana secara langsung ke dalam rekening bank Anda.  
Google akan mengirim penghasilan Anda dalam mata uang Dolar AS atau Euro, bergantung pada mata uang akun Anda, melalui transfer kawat internasional ke bank yang Anda pilih dan Anda mendapatkan uang di rekening bank yang Anda tentukan.  
Ini adalah metode yang cepat, mudah, dan aman untuk menerima pembayaran Anda. 
Syarat utama menggunakan metode ini tentu saja nomor rekening Anda. Hampir semua bank di Indonesia bisa menggunakan metode ini. Anda hanya butuh kode SWIFT-BIC dari bank yang Anda tuju.

Apa itu SWIFT? SWIFT adalah Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication yang berupa alphanumeric unik yang panjangnya sesuai dengan international standard untuk mengidetifikasi institusi keuangan. Biasanya SWIFT addres memiliki panjang 8 hingga 11 karakter.  
SWIFT juga sering disebut sebagai BIC (Bank Identifier Code). Untuk mengetahui lebih lanjut kode SWIFT bank Anda, silahkan tanya ke bank masing-masing, atau mengeceknya di situs Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keungan (OJK).  
Walau terbilang mudah dan tanpa merepotkan, metode ini juga membutuhkan waktu. Memang tidak begitu lama, hanya dua atau tiga hari. Menggunakan metode ini juga Anda akan dikenai biaya yang akan langsung dipotong dari dana yang Anda kirimkan. 

3. Melalui Standard Check

Cara yang kedua yaitu menggunakan cek standar. Jika Anda memilih ini nantinya kalau penghasilan Adsense dalam akun Anda sudah mencapai payment threshold maka Google akan mengirim sebuah cek ke alamat rumah Anda. Kemudian cek tersebut bisa dicairkan di Bank tempat Anda menabung.

4. Check via Secured Express Delivery

Cara yang ketiga yaitu pembayaran Adsense melalui Cek Ekspres. Kelebihan cek ekspres dibandingkan dengan cek standar yaitu bisa sampai ke alamat Anda lebih cepat dan lebih aman. Akan tetapi ada biaya tambahan yang harus Anda bayar yaitu sebesar $25.

Cara Lainnya: Cara lainnya yaitu melalui EFT (Electronic Funds Transfer). EFT merupakan cara pembayaran Adsense paling cepat dan paling aman. Akan tetapi cara pembayaran ini belum tersedia di Indonesia dan hanya tersedia di beberapa negara maju saja. Dengan metoda pembayaran melalui EFT ini penghasilan Adsense akan dikirim langsung ke rekening Bank si pemilik akun.

Itulah beberapa pilihan cara pembayaran Adsense yang tersedia saat ini, jika Anda ingin mengetahui secara lebih detail mengenai cara pembayaran Adsense, saya sarankan Anda membaca ebook Adsense Mentalis. 

Dalam ebook tersebut dijelaskan cara pembayaran Adsense paling cepat & aman bagi publisher Adsense di Indonesia secara step by step disertai gambar. Selain itu dalam ebook ini juga dijelaskan trik agar Pin Adsense cepat sampai ke alamat rumah Anda, karena jika Anda belum mendapatkan PIN Adsense maka Anda tidak akan bisa mencairkan penghasilan Adsense.

Ebook Adsense Mentalis merupakan salah satu ebook tutorial Adsense terbaik yang pernah saya baca karena selain harganya yang cukup murah, isinya pun sangat lengkap. Dalam ebook tersebut Anda akan diajarkan cara mendapatkan ribuan dolar perbulan dari Adsense dengan hanya menggunakan blogspot blog.

Ebook Adsense Mentalis sangat saya rekomendasikan baik itu untuk pemula ataupun bagi mereka yang ingin meningkatkan penghasilan Adsense-nya dengan mudah dan cepat. Sebagai informasi saja, berkat ebook tersebut kini saya memiliki penghasilan tambahan rata-rata $700 - $1000 perbulannya. Berikut ini contoh cek Adsense yang saya terima beberapa bulan lalu.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi tentang cara pembayaran Google Adsense."

Post a Comment