The Maps of Mathematics, Bukti Bahwa Semua Teori Matematika Benar-benar Bisa Dipraktikkan


Mungkin sebagian besar orang akan setuju jika matematika adalah pelajaran paling sulit semasa sekolah. Setelah lulus sekolah, beberapa akan bilang ‘apa gunanya belajar aljabar, desimal, dan lain-lain dengan dunia kerja.
Tapi nyatanya, seluruh pelajaran matematika itu saling berhubungan. Contoh geometri, aljabar, dan beberapa orang disebut segitiga sama kaki. Oleh karena itu, seorang Yuotubers, Dominic Walliman pada Desember 2016 lalu membuat sebuah peta tentang matematika.
Walliman mencoba menjelaskan secara rinci seluruh teori matematika dan menghubungkan satu sama lain. “Pelajaran matematika ternyata tidak cukup hanya dipelajari di sekolah. Sebab, matematika adalah subyek yang besar dan beragam,” ucapnya dalam video yang berjudul The Maps of Mathematics.

Maps of Mathematics
The Maps of Mathematics, karya Dominic Walliman.

Cara membaca The Maps of Mathematics harus dilakukan dari tengah-tengah peta, di mana lingkaran coklat yang menggambarkan asal-usul kepentingan manusia. Lalu ada dua bagian utama yang mewakili bidang dalam matematika. Pertama, matematika murni (angka itu sendiri) dan kedua matematika terapan (bagaimana bahasa yang digunakan).
Agar lebih jelas, pengguna bisa mendownload video ini dengan resolusi tinggi. Lalu setelah itu bermain-main dengan The Maps of Mathematics. Tapi sebelum download, lihatlah dulu video penjelasan dari Walliman, agar tidak salah.
Setelah itu, pengguna bisa melihat nama-nama dari semua teori matematika yang pernah dipelajari saat sekolah. Bahkan ada nama-nama baru seperti topologi, analisis kompleks, dan geometri diferensial. Seluruh teori-teori tersebut sebenarnya benar-benar ada di alam semesta ini.
Jika Anda sudah melewati bagian paling sulit, maka Anda bisa menerapkan teori matematika dibantu dengan disiplin ilmu lainnya seperti fisika, kimia, dan biologi. Karena ingatlah jika angka tidak terpisahkan dengan alam semesta dan segala sesuatu di dalamnya.
Di peta ini juga dijelaskan teori mengenai teknik, ekonomi, probabilitas, kriptografi, dan ilmu komputer. Menariknya, semua teori itu sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.
Mau mencoba bermain dengan The Maps of Mathematics?
Intisari-Online.com. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "The Maps of Mathematics, Bukti Bahwa Semua Teori Matematika Benar-benar Bisa Dipraktikkan"

Post a Comment