Jemaah Haji Indonesia di Mekah Sudah 112 Ribu Orang


Jemaah haji Indonesia semakin membanjiri Tanah Suci. Lebih dari 100 ribu jemaah kini sudah berada di Arab Saudi.
Saat ini, sebagian jemaah haji dari Madinah sudah bergerak ke Mekah setelah menyelesaikan ibadah Arbain di Masjid Nabawi. Sementara itu, lainnya berasal dari jemaah gelombang kedua yang mendarat di Jeddah dan selanjutnya menuju Mekah.
Seperti jemaah haji dari Kloter 11 Embarkasi Kualanamu, Medan (MES 11). Mereka akan diberangkatkan dari Madinah pada Selasa 30 Agustus 2016.
Pembimbing ibadah Kloter MES 11, Sujarno, berpesan agar saat berangkat ke Mekah, jemaah sudah berpakaian ihram dan mandi. Upaya ini agar saat mengambil miqat di Bir Ali, jemaah tidak lagi disibukkan dengan pakaian ihramnya dan mandi.
Saat di Bir Ali itu, jemaah tinggal berniat umrah dan salat sunnah dua rakaat. Rombongan jemaah haji ini merupakan salah satu yang cukup "unik" karena sekitar 65 persen lanjut usia dan risiko tinggi.
"Ada saja cerita dari jemaah lanjut usia ini, tapi kami akan selalu mendampingi mereka," ujar Sujarno.
Sementara itu, Kepala Daerah Kerja Airport Jeddah-Madinah, Nurul Badruttamam Makkiy, mengatakan, hingga Minggu, 28 Agustus 2016 pukul 09.00 waktu Arab Saudi atau 13.00 WIB, jumlah kloter yang sudah tiba di Saudi sebanyak 277 kloter.
"Jumlah jemaah 112.208 orang. Petugas kloter 1.385 orang, sehingga total 113.593 orang," kata Nurul dalam keterangannya.
Selanjutnya, jemaah yang tergabung dalam penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) mencapai 3.613 orang dalam 69 PIHK.
Sumber : www.viva.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jemaah Haji Indonesia di Mekah Sudah 112 Ribu Orang"

Post a Comment