12 Langit-Langit Masjid yang Memperlihatkan Keindahan Seni Arsitektur Islam

Masjid adalah tempat ibadah umat muslim. Masjid artinya tempat sujud, hal ini tidak mengherankan karena ibadah shalat yang dilakukan di masjid terdapat gerakan sujud. Pada zaman keemasan Islam hingga saat ini, masjid menjadi salah satu media bagi arsitek-arsitek muslim untuk menjajal kebolehan mereka dalam mendesain bangunan.
Umat Islam percaya bahwa Allah menyukai keindahan. Maka para arsitek muslim merancang masjid yang indah sekaligus tidak mengabaikan sisi islaminya. Gambar-gambar di bawah ini adalah atap masjid dari berbagai penjuru dunia yang akan menunjukkan kepada kita betapa indah seni arsitektur Islam.
1. Masjid Sultan al-Nasir Muhammad ibn Qalawun, Kairo, Mesir
Masjid Sultan al-Nasir Muhammad bin Qalawun adalah masjid abad ke-14 yang dibangun oleh Mamluk Sultan Al-Nasr Muhammad pada tahun 1318. Di masjid inilah Sang Sultan Kairo melaksanakan sholat Jumat.

2. Alhambra, Granada, Spanyol
 Alhambra adalah kata dalam Bahasa Arab yang berarti merah. Alhambra adalah nama sebuah kompleks istana sekaligus benteng yang megah dari kekhalifahan bani ummayyah di Granada, Spanyol bagian selatan (dikenal dengan sebutan Al-Andalus ketika benteng ini didirikan), yang mencakup wilayah perbukitan di batas kota Granada. Istana ini dibangun sebagai tempat tinggal khalifah beserta para pembesarnya.

3. Mausoleum Bahauddin Naqshabandi, Bukhara, Uzbekistan
 Mausoleum Bahauddin Naqshabandi adalah sebuah komplek makam yang besar dan luas. Bahauddin Naqshabandi adalah pencetus adanya tarekat naqshabandiyah, tokoh sufi ini meninggal pada tahun 1389. Di dalamnya terdapat madrasah, dua masjid, dan menara.

4. Masjid Bajram Pasha Isa Beg, Mitrovika, Kosovo
 Masjid Bajram Pasha Isa Beg merupakan masjid terbesar dan paling modern di Kosovo. Masjid ini memiliki luas 2500 meter persegi, di dalamnya terdapat ruang untuk belajar agama.

5. Dome of The Rock, Palestina
 Kubah Shakhrah atau Dome of the Rock adalah tempat suci umat Islam dan Yahudi. Kompleks ini berada dalam tembok Kota Lama Yerusalem (Yerusalem Timur). Kubah Shakhrah ini selesai didirikan tahun 691 M.

6. Masjid Keyseri, Gorazde, Bosnia-Herzegovina
 Masjid Keyseri (Kayseri) dibangun atas kedermawanan orang-orang Turki dari kota Keysari sehingga namanya pun menggunakan kota Keysari yang ada di Turki. Masjid merupakan yang terbesar di Bosnia-Herzegovina.

7. Masjid Sheikh Zayed, Abu Dhadi, Uni Emirat Arab
Masjid ini dinamai sesuai dengan tokoh besar dibalik ide pembangunannya, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, tokoh nasional Uni Emirat Arab sekaligus pendiri Negara Uni Emirat Arab.

8. Masjid Nasir Al-Mulk, Shiraz, Iran
Masjid ini dibangun atas perintah Mirza Hasan Ali Nasir al-Mulk , salah satu raja Dinasti Qajar, pada tahun 1876 dan selesai pada tahun 1888.

9. Masjid Saleh, Sana’a, Yaman
Masjid Saleh merupakan masjid terbesar dan paling modern di Sana’a, Yaman. Masjid ini diresmikan pada bulan November 2008 oleh Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh, dari beliaulah masjid tersebut mendapatkan namanya sebagai penghormatan terhadap beliau.

10. Masjid Selimiye, Edirne, Turki
 Masjid Selimiye adalah sebuah masjid kekaisaran Ottoman yang terletak di kota Edirne, Turki. Masjid ini dibangun atas perintah Sultan Selim II, dan dibangun oleh arsitek Mimar Sinan antara 1569 dan 1575.

11. Taj Mahal, India
Taj Mahal terletak di Agra, India. Masjid ini dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai sebuah mausoleum untuk istrinya yang bernama Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Pembangunannya menghabiskan waktu 22 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.

12. Masjid Wazir Khan, Lahore, Pakistan
Masjid ini dibangun selama tujuh tahun, mulai sekitar 1634-1635 Masehi pada masa pemerintahan Kaisar Mughal Shah Jehan. Masjid ini dibangun oleh Wazir Shaikh Ilmuddin Ansari yang dikenal sebagai Wazir Khan Wazir berarti menteri dalam bahasa Urdu dan Persia, dari beliaulah masjid ini mendapatkan namanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Langit-Langit Masjid yang Memperlihatkan Keindahan Seni Arsitektur Islam"

Post a Comment